Thursday, 21 November 2019

SDN 01 Gandaria Jadi Salah Satu Lokasi Kampanye Gemar Bersepeda

Kamis, 21 November 2019 — 7:35 WIB
Para siswa sedang menikmati sepeda barunya usai diberikan hadiah. (wandi)

Para siswa sedang menikmati sepeda barunya usai diberikan hadiah. (wandi)

JAKARTA – Pemkot Jakarta Selatan terus menggelorakan masyarakat suka bersepeda. Bahkan saat ini kampanye bersepeda ini merambah ke pelajar terutama anak-anak sekolah.

Salah satunya adanya di SDN 01 Gandaria Selatan, Jakarta Selatan. Di sekolahan tersebut saat ini dicanangkannya Sekolah Ramah Bersepeda pertama di DKI Jakarta. Ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh masyarakat, terutama para pelajar akan lebih gemar bersepeda.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Sekolah Ramah Bersepeda ini merupakan satu kesatuan dengan program Pemerintah DKI Jakarta, yakni Jakarta Ramah Bersepeda. “Dengan di mulainya kegiatan sekolah ramah bersepeda di SDN 01 ini, kemudian kita akan masifkan ke sekolah-sekolah yang ada Jakarta,” ujarnya, Rabu (20/11/2019).

Menurutnya, dalam kegiatan ini juga turut dibagikan 40 sepeda kepada siswa SDN 01. Dengan harapan, semakin banyak anak-anak sekolah yang menggunakan sepeda, maka akan menjadi budaya baru warga Jakarta ke depan.

“Karena sudah di mulai di pendidikan Sekolah Dasar, yang artinya Jakarta Ramah Bersepeda tidak hanya digemari oleh para karyawan pekerja, tapi juga sudah kita mulai sejak usia dini,” terang Syarif Lupito.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Selatan Mukhlisin mengungkapkan, Pemkot Jakarta Selatan memang saat ini terus mengkampanyekan masyarakat suka bersepeda. Makanya dengan adanya pencanangan ini pihaknya sangat mendukung dan akan terus menyembangkan agar nantinya seluruh sekolahakan melakukan hal yang sama.

“Kalau ukuran sekilo dua kilo kita upayakan untuk bersepeda jangan sampai kita menggunakan kendaraan pribadi (motor-mobil) yang mengakibatkan kemacetan di sana sini. Makanya dengan adanya cara ini kami yakin masyarakat nanti akan lebih memilih bersepeda,” kata Mukhlisin.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini juga menambahkan, selain bisa digunakan untuk transportasi yang dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara, bersepeda juga bisa untuk digunakan sebagai gaya hidup maupun berolahraga. “Harapannya nanti semua sekolah atau semua masyarakat Jakarta Selatan bisa terbiasa untuk menggunakan sepeda,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SDN 01 Gandaria Selatan Surami, mengaku senang sekolahnya menjadi salah satu sekolahan yang dicanangkan sebagai Sekolah Ramah Bersepeda. Terlebih sekolahnya mendapatkan bantuan sebanyak 40 sepeda.

“Saya juga tidak menyangka anak-anak kami dapat hadiah sepeda. Saya juga ikut merasa senang. Mudah-mudahan kedepan hadiah sepeda ini akan terus ditambah,” harap Surami. (wandi/yp)