Thursday, 05 December 2019

Piala AFF U-15 2019

Indonesia Wajib Menang Lawan Myanmar

Sabtu, 3 Agustus 2019 — 6:55 WIB
Selebrasi-Timnas-Indonesia-U-15

JAKARTA – Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-15 2019, wajib menang saat melawan Myanmar pada laga pamungkas fase penyisihan Grup A, Minggu (4/8/2019), 15:00 WIB. Kemenangan pada laga itu wajib dimenangkan oleh tim asuhan Bima Sakti jika ingin melenggang ke babak semifinal yang akan digelar, Rabu (7/8/2019) mendatang.

Pasalnya, posisi Indonesia belum sepenuhnya aman dari penggusuran setelah tetap berada di urutan kedua dengan 10 poin dari empat laga. Pasukan Bima kalah produktivitas gol dari pimpinan grup, Timor Leste yang sukses melumat Singapura 4-0, Jumat (2/8/2019) malam WIB. Sedangkan Vietnam menguntit di urutan ketiga dengan sembilan angka dari empat laga, usai menggilas Myanmar 3-0 di hari yang sama.

Itu artinya, Vietnam masih bisa menggusur posisi Indonesia jika bisa mengalahkan Timor Leste, Minggu (4/8/2019), 18:00 WIB. Dengan catatan, Indonesia kalah dari Myanmar pada laga sebelumnya di hari yang sama. Sikap waspada terhadap Myanmar, bahkan sudah digaungkan sang kapten, Marcell Januar Putra. “Kita masih punya banyak kekurangan dan siap untuk memperbaiki diri untuk laga selanjutnya (melawan Myanmar red),” kata Marcell menanggapi laga melawan Myanmar.

“Kita harus lebih baik lagi. Pelatih juga bilang, yang menentukan nasib kita (lolos ke ssemifinal red) di turnamen ini adalah kita sendiri, bukan tim lain. Jadi siapa pun lawannya, kita harus siap fight. Saya juga senang sekali dengan tim ini. Tidak ada yang bekerja sendiri. Kita semua kompak, berjuang sama-sama dan tidak pernah ada yang mengeluh,” lanjutnya.

Sebelumnya, Indonesia sempat memimpin Grup A usai membantai Filipina 4-0 di laga sebelumnya. Dalam laga itu, Marcell sukses mencetak gol, lewat titik putih pada menit ke-40. “Alhamdulillah tadi aku bisa cetak gol. Gol dan kemenangan ini aku persembahkan untuk orangtua dan semua masyarakat Indonesia. Terima kasih juga untuk doa-doanya. Semoga kita terus diberikan kelancaran dan kemudahan mendapatkan piala di turnamen ini,” tuntas Marcell, usai mencetak gol ke gawang Filipina.

Adapaun tiga gol Indonesia lainnya dicetak Marselino Ferdinan (25″) dan brace Alex Kamuru (35″ dan 65″). Dengan hasil itu, status juru kunci yang diemban Filipina belum juga terlepas. Dari empat laga yang sudah dilakoni, Filipina belum sekalipun meraih angka. Pada laga pamungkas nanti, Filipina bakal bentrok dengan Singapura yang sama-sama sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-15 setelah menghuni urutan dua terbawah. (jun)