Sabtu, 1 Desember 2012 09:05:44 WIB

Barca Bentrok Bilbao, Setali Tiga Uang

barca

BARCELONA (Pos Kota) – Saatnya fokus di La Liga Spanyol. Situasi inilah yang menggambarkan kedua tim saat Barcelona bentrok dengan tamunya Athletic Bilbao saat di Camp Nou, Minggu (2/12) dinihari nanti. Barcelona tengah berusaha memanfaatkan situasi seraya menjauh dari kejaran rival terdekat mereka, Atletico Madrid, sementara Bilbo akan datang dengan tekad bangkit setelah dipastikan tak lagi berlaga di panggung Eropa.

Meski menang 2-0 atas wakil Israel, Ironi Kiryat Shmona pada laga tunda Liga Eropa UEFA, tengah pekan kemarin, tidak akan mengubah nasib Bilbao yang terdepak dari paanggung Eropa. Bilbao berada di urutan ketiga Grup I dengan empat poin dan terpaut sembilan serta empat angka dari Olympique Lyon dan Sparta Praha di posisi dua teratas. Namun kemenangan di Israel setidaknya menambah rasa percaya diri skuad Marcelo Bielsa itu untuk menyambangi Barcelona pada laga nanti.

“Kami tahu ini adalah pertandingan yang sulit buat kami. Barcelona belum pernah dikalahkan hingga sejauh ini di liga. Tapi kami punya ambisi untuk memperbaiki posisi kami di liga. Kami punya kemampuan untuk kembali berada di mana seharusnya kami berada (papan atas). Pertandingan di Israel adalah laga yang sulit bagi kami, tapi kami bisa menang dan setidaknya bisa menambah rasa percaya diri kami untuk kembali fokus di liga,” kata Bielsa seperti dikutip Sports Mole.

Sayang, Bilbao terancam tak bisa diperkuat bek Andoni Iraola yang kondisinya diragukan karena masalah kebugaran. Absennya Iraola bisa menjadi sebuah kehilangan besar bagi Bilbao. Pasalnya, wakil kapten berusia 30 itu, termasuk salah satu bek andalan Bielsa yang belum pernah absen dari starting line-up Bilbao. Saat ini Bilbao masih terpuruk di papan bawah la Liga dengan 15 poin, atau unggul empat angka dari batas akhir zona merah, hunian Granada.

Setali tiga uang, situasi tersebut tentu akan dimanfaatkan Barcelona yang berada di pucuk klaasemen dengan 37 poin, seraya menjauh dari kejaran Atletico yang bakal bentrok menghadapi Real Madrid di hari yang sama. Apalagi Tito Vilanova sudah bisa menurunkan kekuatan penuh pasca pulinya Carles Puyol dan Gerard Pique yang tampil saat membantu Barcelona menggilas Alaves 3-0 di Copa del Rey sekaligus emuluskan langkah tim Catalonia itu ke babak 16 besar, tengah pekan kemarin.

Bilbao sendiri menjadi satu-satunya tim yang belum menuntaskan babak 32 besar Copa del Rey. Berdasarkan jadwal, Bilbao akan menjamu Eibar pada leg kedua pada 12 Desember mendatang. Sedangkan Jumat (30/11) kemarin, Celta Vigo sukses melangkah ke babak 16 besar setelah menggilas Almeria 3-0 (agregat 3-2). Real Zaragoza unggul selsih gol tandang setelah menang atas tuan rumah Granada 2-1 (agregat 2-2), begitu juga dengan Mallorca yang bermain imbang tanpa gol dengan Deportivo La Coruna (agregat 1-1).

(junius/sir)

Foto Reuters

Barcelona v Athletic Bilbao
Minggu (2/12), 02:00 WIB
Camp Nou

REKOR PERTEMUAN:
26-05-12, Bilbao v Barcelona 0-3
01-04-12, Barcelona v Bilbao 2-0
07-11-11, Bilbao v Barcelona 2-2
21-02-11, Barcelona v Bilbao 2-1

PRAKIRAAN PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): Valdes (g); Alves, Puyol, Pique, Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Pedro, Fabregas, Messi.
Bilbao (4-3-3): Raul (g); San Jose, Ramalho, Castilo, Laporte; Toquero, Moran, Pena; Martinez, Llorente, Lopez.

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.